Selasa, 08 Maret 2011

Tugas Pidato Mengenai Aurora Milikku


Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Ibu Sri Rahayu Spd.
Serta teman – teman sekalian yang berbahagia.

            Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan, sehingga kita dapat bertemu pada pagi hari ini untuk mengikuti pembelajaran di SMPN 01 Batu. Dalam kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan suatu pidato mengenai suatu kejadian yang telah disampaikan oleh para ahli, yakni aurora pada tahun 2012.

            Plasma merupakan substansi yang mirip dengan gas dengan bagian tertentu dari partikel terionisasi. Plasma bermuatan cukup banyak sehingga bereaksi dengan kuat pada medan elektromagnet. Umumnya, plasma kita jumpai pada bintang. Ketika membentuk suatu aliran, plasma tersebut menyebar ke segala arah dari atmosfer terluar matahari yang berkecepatan sekitar 400 km/detik, dengan waktu tempuh ke bumi selama 4-5 hari, yang disebut badai matahari.
           
Aurora adalah fenomena cahaya yang menyala – nyala pada lapisan ionosfer sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki suatu planet dengan badai matahari. Jika di bumi, aurora terjadi di kutub utara yang disebut Aurora Borealis dan di kutub selatan disebut Aurora Australis, yang dikarenakan di kutub – kutub tersebut merupakan tempat kutub magnet di bumi.

            Terdapat suatu istilah yaitu solar maximum, ialah periode dimana matahari berputar lebih cepat daripada kutubnya karena terdistorsi ke medan magnet ekuator. Hal inilah yang menyebabkan adanya aurora 2012. Di Meksiko, aurora tersebut telah muncul tiga kali hingga membuat rakyat meksiko tertegun. Para ilmuwan menyatakan, bahwa aurora setidaknya akan terlihat jauh di selatan Roma pada 2012. Fotografer Orvar Thorgiersson dari Reyjavik Islandia sedang dalam  proyek untuk mendokumentasikan pertumbuhan intensitas fenomena itu.

            Meski demikian, aurora 2012 tersebut juga membawa dampak yang mungkin akan mengganggu aktivitas sehari – hari. Dampak tersebut antara lain yaitu gangguan pada ponsel, GPS, serta aliran listrik akan padam. Kemungkinan, hal inilah yang disebut – sebut dengan kiamat 2012, mungkin juga kiamat yang disebut – sebut oleh suku Maya.

            Oleh karena itu, diharapkan teman – teman sekalian melakukan hal – hal yang lebih berguna dan berdo’a kepada tuhan sesuai keyakinan masing – masing agar mendapat perlindungan.

            Demikian yang beberapa informasi yang dapat saya sampaikan. Jika ada salah kata, kurang sopan, maupun tidak berkenan  di hati saya mohon maaf yang sebesar – besarnya. Atas perhatiannya, saya sampaikan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar